FashionReviewTeknologi

Jam Tangan Pintar Juga Perlu Dirawat, Ini 5 Cara yang Benar Merawat Smart watch

jam-tangan-pintar-juga-perlu-dirawat-ini-5-cara-yang-benar-merawat-smartwatch

Bentuknya menyerupai jam tangan, tapi ini bukanlah jam tangan biasa. Jika jam tangan biasa hanya mampu menunjukkan waktu, tanggal, hingga arah mata angin, jam tangan ini memiliki fungsi layaknya smartphone. Ya, inilah jam tangan pintar atau smart watch.

Dinamakan jam tangan pintar karena Anda bisa menggunakan jam tangan ini selayaknya smartphone. Anda bisa membuat dan menerima pesan, menerima panggilan telepon, hingga memutar musik. Tidak hanya itu, jam tangan pintar ini juga bisa untuk tujuan kesehatan seperti mendeteksi irama detak jantung, dan juga untuk tujuan olahraga seperti menghitung jumlah langkah kaki.

Merawat Smartwatch dengan Benar

Bentuknya memang sama dengan jam tangan biasa. Namun untuk perawatannya, jam tangan pintar membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika tidak dirawat dengan baik, jam tangan pintar Anda akan mudah rusak sehingga tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana cara merawat smartwatch dengan benar? Berikut ini ulasannya.

1. Melindungi layar dari goresan

Jam tangan pintar menggunakan layar sentuh. Bagian layar ini ada yang sudah dilengkapi dengan anti gores, ada juga yang belum. Untuk itu, Anda perlu melindunginya agar tidak terkena goresan sehingga bisa menurunkan sensitivitas layar. Anda bisa menambahkan tempered glass atau anti gores khusus.

2. Bersihkan strap dengan teratur

Sama dengan jam tangan pada umumnya, jam tangan pintar juga terdiri dari bagian strap. Bagian ini juga perlu dirawat dan dibersihkan dengan teratur agar tetap terlihat seperti baru. Jika tidak Anda bersihkan secara berkala, bagian strap akan tampak kotor dan usang. Kalau sudah begini, Anda perlu menggantinya dengan yang baru agar tampilan jam tangan pintar Anda tetap menarik.

3. Melindungi dari cipratan

Selanjutnya adalah lindungi jam tangan pintar Anda dari cipratan. Hal ini berlaku bagi semua tipe, baik yang belum waterproof, yang sudah waterproof, atau bahkan yang bisa dipakai menyelam sekalipun. Kenapa? Karena cairan yang mengenai jam tangan pintar dan Anda biarkan begitu saja tanpa mengelapnya, akan meninggalkan bekas. Hal ini akan mempengaruhi tampilan jam tangan pintar Anda.

Oleh karena itu, lebih baik lindungi smart watch Anda dari berbagai jenis cipratan, baik itu air maupun jenis cairan lainnya, untuk menjaga tampilannya tetap keren dan menarik.

4. Simpan di tempat yang tepat

Jam tangan pintar yang Anda miliki perlu disimpan di tempat yang tepat. Salah tempat penyimpanan bisa membuat jam tangan pintar Anda rusak dan tidak bisa dipakai. Tempat yang paling tepat untuk menyimpan perangkat jam tangan pintar Anda adalah di tempat yang kering. Jangan sekali-kali disimpan di tempat yang lembab karena akan merusak perangkat dan komponennya.

5. Rawat baterai dengan baik

Yang kelima adalah berkaitan dengan perawatan baterai. Baterai jam tangan pintar Anda perlu dirawat agar tidak mudah rusak dan drop. Cara pengisian baterai perlu diperhatikan. Jangan terlalu berlebihan agar tidak membuat baterai menggelembung. Segera cabut charger ketika baterai sudah penuh. Untuk itu, Anda juga perlu memperhatikan berapa lama waktu pengisian daya baterai.

Ketika baterai sudah hampir habis, langsung lakukan pengisian daya. Hindari penggunaan smart watch hingga baterainya habis total dan mati.

Nah, itulah 5 cara merawat smart watch agar tidak cepat rusak. Rawatlah barang-barang yang Anda miliki, termasuk jam tangan pintar Anda. Barang yang tidak dirawat dengan baik, semahal apapun harganya, akan membuat barang tersebut cepat rusak dan tidak bisa digunakan dalam waktu lama.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close