Memanfaatkan Kalkulator Kehamilan Agar Lebih Matang Mempersiapkan Masa Kehamilan

  • Whatsapp

Memiliki buah hati menjadi dambaan setiap pasangan suami istri. Oleh sebab itu, berbagai upaya kerap dilakukan saat menjalani program kehamilan. Salah satu cara mandiri untuk mengetahui ada janin yang mulai berkembang, maka dapat menggunakan kalkulator kehamilan. Dengan cepat, akan diketahui usia janin dan informasi lain yang tentu bermanfaat.

Read More

4 Kegunaan Penting dari Kalkulator Kehamilan

1. Menghitung usia kehamilan

Tidak semua calon ibu menyadari ada janin yang mulai tumbuh di dalam dirinya. Oleh sebab itu, kalkulator kehamilan membantu untuk memudahkan penghitungan usia kehamilan yang dimulai dari hari terakhir dari menstruasi. Sebab, masa pembuahan memang biasanya dihitung sejak menstruasi terakhir. Dengan begitu, para calon ibu dapat menghadapi masa kehamilan dan mempersiapkan kelahiran dengan baik.

2. Menunjukkan trimester kehamilan

Kalkulator kehamilan juga dapat menampakkan perkiraan tanggal dari trimester kedua yakni usia kehamilan 3 bulan, dan trimester ketiga yakni usia kehamilan 7 bulan. Dengan begitu, para calon ibu dapat menandai untuk melakukan persiapan mental dan fisik. Mengingat gejala yang dialami pada tiap trimester akan berbeda sehingga pemahaman dan persiapan penting.

3. Menghitung HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Memperkirakan tanggal lahir si kecil juga dapat dilakukan dengan kalkulator kehamilan. Mengetahui HPL sangat penting agar persiapan menuju persalinan benar-benar matang. Mulai dari persiapan finansial, fisik, hingga mental para calon ibu. Namun, walaupun sudah mengetahui HPL melalui kalkulator, tidak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui lebih lanjut.

4. Menunjukkan perkembangan janin dalam kandungan

Hal menarik dan bermanfaat lainnya dari kalkulator kehamilan adalah informasi mengenai perkembangan janin dari minggu ke minggu. Informasi yang dicantumkan seperti berat dan panjang janin, perkembangan organ, dan gerakan yang sudah dapat dilakukan oleh janin. Informasi tersebut layaknya jurnal yang membantu para calon ibu untuk lebih mengetahui tentang si kecil.

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Penggunaan kalkulator kehamilan sangat mudah. Para calon ibu dapat memanfaatkan alat tersebut di berbagai website yang membahas seputar kehamilan atau aplikasi yang dapat diunduh di smartphone secara gratis. Saat sudah mengakses kalkulator kehamilan, cukup masukkan saja Hari Pertama Haidh Terakhir atau HPHT, dan rata-rata siklus haidh yang Anda alami.

Setelah semua dimasukkan lalu data lengkap akan ditampilkan, bisanya dalam bentuk tabel, mulai dari usia kehamilan atau usia janin saat dilakukan penghitungan, waktu awal kehamilan, tanggal trimester kehamilan, hari perkiraan lahir secara normal, dan informasi mengenai perkembangan janin selama kehamilan. Sangat bermanfaat bagi para calon ibu entah itu saat kehamilan anak pertama atau setelahnya.

Selain memanfaatkan kalkulator kehamilan, kalkulator jenis lain seperti kalkulator masa subur juga dapat digunakan. Kalkulator tersebut akan menampilkan periode masa subur dan puncak masa subur. Terakhir, tetap jaga kesehatan dan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan langganan agar para calon ibu dapat lebih tenang dan mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *