Peserta BPJS Kesehatan Harus Tahu Informasi Faskes, Berikut Ulasan dari SehatQ.com

  • Whatsapp


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau dikenal dengan sebutan BPJS meluncurkan kartu BPJS Kesehatan yang memiliki pola atau sistem pelayanan yang berbeda. Tujuan dari BPJS Kesehatan adalah untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Mitra-mitra BPJS Kesehatan sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia.
SehatQ.com dan dokter klinik lainnya juga sangat berperan dalam menjamin kesehatan masyarakat.

Ada beragam aturan pada BPJS yang harus Anda taati dan ikuti. Fasilitas kesehatan (faskes) merupakan sarana dan prasarana yang berwujud sebuah pelayanan dan diselenggarakan oleh pemerintah di berbagai tingkat bagi masyarakat. Tujuan fasilitas kesehatan sendiri adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan melalui tindakan preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Read More

Tingkatan Faskes

Ada tiga tingkatan fasilitas kesehatan di Indonesia, berikut ulasannya:

1. Faskes 1

Faskes tingkat pertama pada BPJS merupakan faskes primer yang wajib dikunjungi pertama kali oleh peserta BPJS Kesehatan untuk berobat. Layanan ini merujuk pada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), klinik kesehatan atau dokter umum yang sudah terdaftar menjadi mitra BPJS Kesehatan serta rumah sakit tipe D.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika mendatangi fasilitas kesehatan pertama ini adalah Anda harus membawa kartu BPJS beserta KTP sebagai bukti bahwa memang benar Anda merupakan peserta BPJS Kesehatan. SehatQ.com memberikan tips untuk selalu membawa kartu BPJS dan KTP Anda selama bepergian untuk berjaga-jaga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Faskes 2

Setelah Anda berobat ke fasilitas kesehatan pertama atau tingkat satu dan ternyata keluhan Anda tidak dapat tuntas ditangani di tempat tersebut, maka dokter yang bertugas akan memberikan rujukan menuju faskes 2.

Pelayanan kesehatan ini adalah pelayanan spesialistik oleh dokter khusus atau dokter spesialis dan dokter gigi spesialis. Pelayanan kesehatan tingkat kedua ini hanya dapat diberikan oleh dokter dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Rujukan tersebut dapat dilakukan apabila terjadi dua kondisi. Kondisi pertama adalah pasien membutuhkan pelayanan kesehatan subspesialistik ataupun spesialistik. Sedangkan kondisi kedua apabila perujuk (faskes yang berada di tingkat lebih rendah) tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan peralatan, tenaga kerja atau fasilitas yang harus digunakan untuk menangani pasien.

3. Faskes Lanjutan

FKRTL merupakan akronim dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut ini diisi oleh rumah sakit tipe A dimana rumah sakit tersebut mempunyai kelengkapan sarana dan prasarana yang paling baik. Tidak hanya pemeriksaan yang bersifat spesialistik dan subspesialistik, pelayanan di tingkat lanjut ini mencakup rawat inap tingkat lanjutan dan juga rawat inap yang memerlukan perawatan khusus.

Adapun yang termasuk dalam kategori fasilitas kesehatan tingkat lanjut adalah klinik spesialis dan rumah sakit umum serta rumah sakit khusus. Klinik spesialis adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan secara perorangan dan diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan. Klinik spesialis dipimpin oleh seorang tenaga medis yang terverifikasi.

Setelah Anda mengetahui urutan fasilitas kesehatan yang diberikan BPJS Kesehatan di atas, jangan heran apabila pola berobat sedikit berbeda dari sebelumnya. SehatQ.com memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan rekomendasi faskes yang terdekat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, melalui SehatQ, Anda juga bisa mendapatkan artikel kesehatan yang akurat maupun melakukan konsultasi dengan dokter.

Pastikan Anda membayar iuran BPJS Kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk mempermudah layanan BPJS Kesehatan, kini telah hadir aplikasi Mobile JKN yang bisa Anda download dengan gratis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *